Apa Itu Pengertian Fintech? Apa Manfaatnya?

 

Pengertian Fintech

Dengan berkembangnya teknologi, ada banyak inovasi telah dilakukan untuk mempermudah hubungan antar manusia, salah satunya yaitu financial technology atau 'fintech' saja. Pengertian Fintech merupakan salah satu sektor bisnis dengan pertumbuhan tercepat di bidang teknologi di Indonesia. Mungkin ada banyak yang masih belum pernah mendengar fintech dan manfaatnya. 

Apa Itu Fintech?

Fintech merupakan singkatan dari Financial Technology dan artinya adalah teknologi keuangan. Jadi, sebenarnya Fintech merupakan inovasi teknologi yang dikembangkan di bidang keuangan untuk membuat transaksi keuangan menjadi lebih praktis, mudah dan efisien.

Perkembangan Fintech di Indonesia

Dengan pesatnya perkembangan teknologi dan tumbuhnya start-up, Indonesia juga ikut mengalami perkembangan financial technology yang semakin aktif. Teknologi Fintech muncul di Indonesia pada tahun 2006, tetapi sayangnya hanya sedikit perusahaan yang memasuki bidang tersebut pada saat itu. 

Dengan berdirinya Asosiasi Fintech Indonesia pada tahun 2015, kepercayaan masyarakat terhadap Fintech mulai meningkat. Alhasil, perusahaan Fintech di Indonesia berkembang pesat, dengan 140 perusahaan terdaftar dalam daftar Fintech OJK. 

Tapi itu tidak semua. Pada tahun 2017, Hukum Syariah di sektor Fintech kembali dikembangkan. Fintech syariah adalah jenis fintech yang beroperasi berdasarkan prinsip-prinsip Islam. Maka lahirlah Asosiasi Fintech Syariah Indonesia yang membawahi Fintech Syariah di Indonesia.

Dasar Hukum Fintech di Indonesia

Dasar-dasar Fintech di Indonesia juga tidak sembarangan dijalankan karena penerapannya sudah diatur oleh pemerintah melalui penerbitan regulasi Bank Indonesia. agar lebih jelas, berikut dasar hukum fintech: 

Surat Edaran Bank Indonesia No. 18/22/DKSP mengenai Penyelenggaraan Layanan Keuangan Digital.

Peraturan Bank Indonesia No. 18/17/PBI/2016 mengatur segala hal terkait Uang Elektronik.

Peraturan Bank Indonesia No. 18/40/PBI/2016 menetapkan Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.

Manfaat Fintech di Indonesia

1. Transaksi Keuangan Jadi Lebih Mudah

Keuntungan pertama dari fintech yaitu mempermudah transaksi keuangan. Anda tidak lagi harus keluar atau pergi ke bank untuk transaksi keuangan. Semua transaksi keuangan sudah dapat dilakukan melalui smartphone. Tentu saja, ini membuat kehidupan di masyarakat menjadi lebih mudah.

2. Akses Pendanaan Lebih Baik

Berkat kehadiran Fintech, teknologi keuangan di Indonesia juga berkembang pesat dan mampu menjangkau berbagai sektor masyarakat. Hal ini menyebabkan semakin banyak orang yang memahami bagaimana mendapatkan bantuan keuangan untuk mendukung kegiatan sehari-hari mereka atau untuk pinjaman dan investasi. 

3. Taraf Hidup Masyarakat Meningkat

Manfaat fintech ini masih terkait dengan pendahulunya. Setelah masyarakat memiliki akses pembiayaan yang lebih baik, masyarakat dapat menggunakan dana tersebut untuk mendanai kegiatan konsumen dan produksi. Akhirnya, standar hidup dan kesejahteraan telah meningkat.

Poin manfaat fintech satu ini masih berkaitan dengan manfaat sebelumnya. Setelah masyarakat mendapatkan akses pendanaan lebih baik, maka masyarakat bisa menggunakan dana tersebut guna membiayai aktivitas konsumtif dan produktif mereka. Akhirnya, taraf hidup dan kesejahteraan hidup mereka pun meningkat.

4. Mendukung Inklusi Keuangan

Manfaat fintech ini masih terkait dengan pendahulunya. Setelah masyarakat memiliki akses pembiayaan yang lebih baik, masyarakat dapat menggunakan dana tersebut untuk mendanai kegiatan konsumen dan produksi mereka entah itu untuk pribadi maupun untuk bisnis. Akhirnya, standar hidup dan kesejahteraan telah meningkat dengan adanya peningkatan teknologi keuangan. 

5. Mempercepat Perputaran Ekonomi

Keunggulan fintech berikutnya adalah percepatan perputaran ekonomi. Akses ke keuangan dan kemudahan perdagangan berkontribusi pada siklus bisnis yang lebih cepat dan lebih praktis serta efisien. Fintech juga mendukung perusahaan untuk menggalang dana dengan suku bunga rendah melalui pinjaman online yang merupakan salah satu produk Fintech.

Cara Kerja Fintech

Fintech adalah lini bisnis kompleks yang menggabungkan manajemen keuangan, penyimpanan, distribusi uang, dan teknologi. Akibatnya, cara fintech beroperasi menjadi kompleks dan bercabang tergantung pada layanan yang diberikan kepada masyarakat apalagi jenis fintech bermacam-macam sesuai dengan kebutuhannya.

Bagi Anda yang berminat untuk membantu para pemilik UMKM di Indonesia, P2P Lending adalah jawaban yang tepat dan Akseleran adalah tempatnya. Di Akseleran, Anda memiliki kesempatan dalam memanfaatkan fintech ini dengan meminjamkan dana kepada UMKM dan penerima pinjaman akan mengembalikannya dalam jangka waktu yang telah ditentukan bersama bunganya yang tentunya nanti akan Anda terima kembali.


SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment