Jangan Asal Cuci Mobil, Cek 3 Tipsnya Biar Mobilmu Tetap Kece

 

Cuci Mobil


Banyak cara untuk merawat kendaraan khususnya mobil kesayangan Anda. Misalnya dengan melakukan servis secara rutin, membeli asuransi kendaraan murah dan terpercaya hingga memoles mobil agar tetap mengkilap dan mencucinya secara berkala. Apalagi jika tingkat pemakaian kendaraan mobil Anda terbilang tinggi, maka perawatan dan perlindungan di atas menjadi salah satu kewajiban demi performa mobil yang terus optimal.


Namun, berbicara soal mencuci mobil ternyata ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan, lho. Mungkin jika Anda terbiasa mencuci kendaraan di salon mobil bisa jadi bukanlah soal. Lain halnya jika Anda lebih memilih mencucinya di rumah maka ada baiknya Anda lebih teliti dalam memilih alat mencuci mobil dan bagaimana cara membersihkan agar mobil tetap kece dan terhindar dari baret. Untuk itu, yuk simak tips mencuci mobil sendiri di rumah sebagai berikut!


Mengatur tekanan air

Sebelum mencuci mobil dengan cairan pembersih khusus, siramlah mobil Anda secara menyeluruh agar kotoran, debu dan pasir yang menempel pada permukaan mobil rontok. Pastikan Anda mengatur tekanan air agar tidak terlalu kencang sehingga tidak merusak bodi serta cat mobil. Meski begitu, aturlah juga tekanan air agar tidak terlalu lemah karena justru akan semakin memperlambat proses pencucian. Semprotkan air dari atas ke bawah serta beri perhatian khusus saat Anda menyirami area ban dan bumper serta kolong mobil. Lanjutkan langkah ini dengan membersihkan bodi mobil dengan menggunakan sabun pembersih.


Sediakan dua ember dan kain pembersih khusus

Mencuci mobil di rumah memang harus ekstra teliti, salah satunya dalam hal penggunaan ember dan spons. Penggunaan dua ember ditujukan untuk menghindari kotoran ikut dan mengendap disatu ember saja. Misalnya jika Anda sedang membersihkan bodi mobil sisi bagian atas maka sebaiknya gunakan ember lain saat hendak membersihkan bodi mobil bagian bawah terutama pada bagian ban. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kain pembersih khusus untuk membersihkan mobil. Alih-alih menggunakan spons yang memiliki banyak rongga, ada baiknya Anda memilih menggunakan lap microfiber dengan permukaan kain yang lebih halus dan tidak berlubang. Pasalnya pada spons umumnya rentan menyerap debu dan kotoran pada rongga sehingga memungkinkan butiran kasar menggores bodi mobil kesayangan Anda.


Lakukan gerakan dari atas ke bawah

Tips berikutnya, selalu dahulukan membersihkan mobil dari bagian yang terbersih hingga yang paling kotor. Misalnya dengan memulai dari bagian atas mobil, bodi hingga bagian bawah mobil. Untuk menghindari kotoran dari bawah terangkat ke atas, Anda dapat melakukan gerakan dari atas ke bawah. Langkah ini juga sekaligus membuat cairan sabun mengalir ke bawah dan membantu melunakkan kotoran yang mungkin saja belum terangkat saat proses penyiraman di awal.


Itu dia beberapa tips sederhana dalam proses mencuci mobil sendiri di rumah. Lakukan langkah yang tepat dan hindari membersihkan mobil dengan asal-asalan jika ingin mobil Anda tetap mulus terhindar dari baret. Pastikan juga Anda tidak membersihkan mobil di bawah sinar matari langsung agar air dan sabun tidak cepat kering dan menciptakan pola tak beraturan yang membuat mobil Anda tidak terlihat mengkilap.

SHARE

About Ayead Gaptek

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment